Rabu, 22 April 2009

iPod, Senjata Baru Militer Amerika

Rupanya trend penggunaan iPod tidak hanya beredar di kalangan remaja dan eksekutif muda yang haus akan gadget hi-end hiburan serbaguna. Namun kini militer US khusunya di Bhagdad sedang keranjingan iPod.Bahkan Pentagon memberikan sinyal bahwa gadget fashionable ini sangat membantu Militer Amerika dalam melaksanakan tugasnya.

Dilansir dari harian Newsweek yang dukutip oleh cnet.com, berita menjelaskan bahwa fitur fitur dalam iPod memberikan manfaat yang maksimal kepada militer amerika khususnya dalam kondisi perang. Kini sesama tentara bisa berhubungan satu sama lain dan memnerikan informasi seputar gambar area layaknya intelligence resources militer.

Hal yang dirasa paling bermanfaat adalah program penerjemah bahasa yang telah terinstal di iPod dengan nama Vcommunicator. Vcommunicator menerjemahkan bahasa arab, kurdi dan bahasa Afghanistan pada umumnya ke dalam bentuk tulisan dan suara. Ini sangat berguna ketika prajurit hendak berkomunikasi dengan penduduk asli yang konon sangat sulit untuk saling mengerti bahasa satu sama lain dan rawan miskomunikasi ketika hanya menggunakan bahasa tubuh seperti yang dilakukan selama ini.

Harga yang seharusnya hanya US $230 dilepas oleh pihak apple seharga US$600 sampai US$700. Tentunya dengan versi yang dibuat agak berbeda dengan versi standart. Seperti penambahan protector yang disesuaikan dengan kondisi perang yang rawan dan applikasi pendukung lainnya. Namun mempertimbangan di Baghdad militer AS mendapat harga US $435 untuk sebuah palu, $640 untuk alas toilet dan $7,600 untuk sebuah kopi. Maka iPod menjadi sangat murah.

(dikutip dari kabarIT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yuhu .. !! silahkan .. !!